SOLUSI UNTUK LAPTOP DAN KOMPUTER LEMOT

Posting Di 156 Dilihat

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Berikut Ini

SOLUSI  UNTUK LAPTOP DAN KOMPUTER LEMOT

Untuk saat ini laptop merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia,dimana laptop ikut membantu dalam proses pekerjaan.tetapi bila laptop kita lemot atau lola(loading lama) pasti tidak sedikit orang yang kesal karena tugas tugas yang harus kita kerjakan cepat akan memakan waktu yang lebih lama

disini mari kita pelajari masalah dan solusinya,,

1. Kapasitas RAM anda kecil

RAM yaitu singkatan dariRandom Acces Memory merupakan sebuah perangkat keras komputer,memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan suatu program.

Jadi begini,,jadi semakin banyak program/aplikasi yang kita jalan kan dalam satu waktu ,Maka semakin juga banyak Memori yang dibutuhkan oleh komputer itu sendiri

Cara mengatasinya

Jika komputer lemot,atau Crash Misalnya bluescreen .Maka anda harus menambah perangkat keras RAM ini,Jika didalam motherboardnya hanya ada ada satu maka anda harus mengganti ram dengan kapastitas yang lebih besar.dan jika memiliki lebih dari 1 slot anda hanya tinggal membeli ram tersebut sesuai dengan slot ram nya itu sendiri.

2. Banyaknya program yang dijalankan dalam satu waktu (multitasking)

Seperti pernyataan diatas Banyaknya program yang dijalankan akan mempengaruhi waktu proses dari program itu sendiri.

Cara mengatasinya :

Cobalah untuk menjalankan program satu per satu agar kerja processor maupun RAM menjadi lebih ringan. Jika anda terus memaksakan membuka banyak program dalam satu waktu, jangan salahkan jika laptop anda akan hang ataunot responding.

Berbeda jika laptop atau komputer anda memiliki spesifikasi yang bagus,misal laptop dengan prosessor i9 dan RAM 16GB,itu tidak akan jadi masalah di prosser program anda.

3.KOMPUTER YANG ANDA GUNAKAN TERKENA MALWARE ATAU VIRUS

Malware atau biasa orang panggil virus ini merupakanprogram / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya . biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan.

Virus komputer umumnya di buat untuk tujuan yMerusak , banyak Efek negatif yang di timbulkan oleh virus komputer seperti memperbanyak dirinya sendiri sehingga memori menjadi kecil, hal ini membuat komputer sering hang atau freeze, lalu mengubah ekstensi pada file dan program yang membuat program/file tersebut tidak bisa di gunakan, dan dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. selain itu juga virus dapat merusak hardware pada komputer.

Cara mengatasinya :

Gunakan antivirus handal untuk melindungi laptop anda dari virus/ malware. Pada dasarnya fungsi semua antivirus itu sama, melindungi laptop anda dari yang namanya virus. Tapi tidak semua antivirus dapat membendung serangan virus yang menjengkelkan ini.

Jika laptop anda terlanjur terinfeksi virus/ malware dan berbagai antivirus dari A sampai Z tidak dapat mengatasinya, saya sarankan segera lakukaninstall ulang windowsanda. Sesudah itu, lakukan beberapa tips berikut ini untuk meminimalisir laptop anda terinfeksi virus :

1. Update secara berkala (database) antivitus anda

Setiap harinya mungkin akan ada virus baru yang tercipta. Misalkan database antivirus andaout to date, jika anda terinfeksi virus baru tersebut, antivirus anda tidak akan mengenalinya karena virus baru tersebut tidak terdapat pada database virus anda.

Maka dari itu, penting bagi untuk selalu rutin memperbarui database antivirus anda.

2. Jangan download sembarangan dari internet

Internetini seperti darah pada tubuh manusia, yang merupakan media utama penyebaran virus. Jadi pastikan anda lebih bijaksana dan tidak sembarangan dalam mengunduh apapun dari internet.

3. Jangan colokkan sembarang FD pada laptop anda

Maksudnya, jika anda mencolokkan FD yang terinfeksi virus pada laptop anda, besar kemungkinan laptop anda juga akan terinfeksi virus.

Maka dari itu, ketika mencolokkan FD ke laptop anda, pastikan anda melakukan scanning terlebih dahulu pada flashdisk tersebut. Misalkanflashdisktersebut terinfeksi virus, antivirus anda akan mengkarantina atau menghapus virus tersebut.

4.Banyaknya program yang berjalan di startup

Program-program pada startup akan otomatis berjalan saat laptop pertama kali dihidupkan (masuk pada dekstop windows). Semakin banyaknya program yang berjalan pada startup, semakin berat juga proses multitasking yang dijalankan laptop anda.

Cara mengatasinya

Untuk mengatasi masalah ini, nonaktifkan program-program tidak diperlukanyang berjalan di startup. Ingat, program yang tidak diperlukan.Jangan sampai anda malah menonaktifkan program-program sistem atau driver yang akan menyebabkan laptop anda tidak berjalan semestinya atau crash.

Disable hanya program-program tidak penting yang anda kenali, jangan sembarang mendisable program pada startup.Untuk masuk pada menu startup ada beberapa cara, seperti :

1. Tekan tombolwindows+R, kemudian ketikmsconfig.

membuka msconfig

2. Pada jendelaSystem Configuration, pilih menuStartup.

pilih-menu-startup

3. Untuk pengguna windows 8 dan 10, tinggal masuk keTask Manageratau dengan cara menekan tombolCtrl+Shift+Escsecara bersamaan, kemudian pilih tabStartup.

tampilan startup pada windows

4. Klik kanan program yang anda inginkan agar tidak berjalan lagi di startup, kemudian pilihDisable.

disable-program-pada-startup

5. Banyaknya program yang terinstall pada laptop

Laptop yang terinstall banyak program didalamnya menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Mungkin tidak menjadi masalah jika laptop anda memiliki kapasitas harddisk yang cukup besar, misal 1TB.

Nah beda lagi kalau laptop anda memiliki kapasitas HDD hanya 320 GB tetapi banyak aplikasi yang terinstall didalamnya. Hal tersebut menjadi salah satu penyebabkinerja laptopmenjadi lemot.

Cara mengatasinya

#1. Uninstall program yang tidak penting
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa banyak program yang terinstall menjadi salah satu pemicu laptop menjadi lemot. Maka dari itu, pastikan anda menginstall program-program yang memang benar-benar and a butuhkan.

Jika ada program yang tidak penting dan jarang sekali anda gunakan, lebih baik diuninstall saja daripada memberatkan kinerja komputer. Terlebih jika program tersebut berjalan di startup, akan semakin memberatkan kinerja laptop saja. Untuk mengecek program-program yang terinstall di laptop anda, silakan simak langkah-langkah berikut ini ;

1. Masuk keControl PanelUninstall a program.

pilih-uninstall-a-program

2. Silakan uninstall program-program yang benar-benar tidak penting atau jarang sekali digunakan dengan cara klik kanan program tersebut, kemudian pilihUninstall.

klik-kanan-kemudian-uninstall

Untuk menguninstall program juga tidak sembarangan. Anda harus benar-benar tahu program apa yang akan anda uninstall, jangan sampai anda menguninstall driver-driver laptop anda yang mengakibatkan laptop anda tidak berjalan dengan semestinya. Gambar dibawah ini merupakan contoh beberapa driver yang terinstall pada laptop saya :

driver-yang-terinstall-pada-laptop

#2. Upgrade kapasitas HDD anda menjadi lebih besar
Misalkan kapasitas HDD laptop anda yang dulu 320GB, bisa diupgrade menjadi 500GB atau 1TB.

Dengan adanya kapasitas HDD yang lebih besar, menginstall banyak program di laptop tidak menjadi masalah apalagi membuat laptop menjadi lemot.

Kalau perlu anda juga dapat menggunakanSSDyang memiliki performa jauh lebih baik dari HDD. Tapi sayang harganya relatif mahal dengan kapasitas yang cukup kecil, jadi saya tidak menyarankan untuk upgrade ke SSD. Saya pribadi mending dibuat untuk membeli RAM daripada SSD agar aktivitas multitasking jauh lebih baik.

#3. Gunakan HDD external
Misalkan anda tidak mau upgrade HDD internal laptop anda karena takutgaransi hilangatau takut ada apa-apa, saya sarankan gunakan HDD external saja. Lebih portable dan mudah dibawah kemana-mana.

Jadi anda dapat menyimpan file-file besar seperti film dan game ke dalam HDD external ini.

6.Hapus file-file temporary yang menumpuk

Temporary files merupakan file-file sementara yang dibuat oleh sistem windows untuk tujuan tertentu. File-file pada recycle bin maupun cache pada aktivitas browser anda juga dapat mempengaruhi kinerja laptop anda.

Cara mengatasinya

Untuk mengatasi masalah ini, saya biasanya menggunakanCCleaner. Software ini juga dapat digunakan sebagai alternatif dari tool windows yang bernama Disk Cleanup.

Anda bisa melihat pada gambar dibawah ini, sekitar 300 MB file-file temporary, file cache, file pada recycle bin dan file lainnya yang menjadi salah satu pemicu laptop menjadi lemot sudah saya bersihkan.

tampilan-ccleaner

Saya sarankan anda untuk melakukan cleaning secara berkala agar kinerja laptop anda tetap terjaga.

7.Harddisk belum pernah didefrag

Ketika kita menjalankan sebuah aplikasi, cache dari aplikasi-aplikasi tersebut akan tersimpan dalam yang harddisk dapat mengurangi kinerja laptop. Selain itu,data-data yang berantakan yang lambat laun akan menumpuk juga dapat menyebabkan laptop menjadi lambat.

Cara mengatasinya

Defragmentasi pada harddisk dilakukan guna menata kembali data-data yang berantakan di dalam harddisk. Dengan kata lain, pecahan-pecahan data yang lokasinya berjauhan akan ditata kembali menjadi rapi dan utuh. Untuk melakukan defrag harddisk, silakan simak langkah-langkah berikut ini :

1. Masuk keControl Panel PilihSystem and Security.

2. Pada menu Administrative Tool, pilihDefragment and optimize your drives.

pilih-defragment-and-optimize-your-drives

3. Untuk melakukan defrag harddisk, klik tombolOptimize.

pilih-tombol-optimize

4. Untuk pengguna windows 8, defragment tool ini akan berjalan secara otomatis setiap minggunya. Untuk mengubahnya, klik tombolChange Settingskemudian pilih daily (setiap hari), weekly (setiap minggu) atau monthly (setiap bulan).

ubah-defrag-frequently

Tinggal Di Indonesia