Bikin Bangga! Ini Sosok Wanita yang Menjadi Andalan Indonesia

Posting Di 48 Dilihat

Wanita bernama Maria Goreti Samiyati, ia merupakan atlet dari cabang olahraga balap kursi roda.

Bikin Bangga! Ini Sosok Wanita yang Menjadi Andalan Indonesia

Berbicara sosok inspiratif di Indonesia sepertinya memang tidak akan ada habisnya. Salah satunya adalah wanita bernama Maria Goreti Samiyati, ia merupakan atlet dari cabang olahraga balap kursi roda.

Wanita yang biasa disapa Ami ini terpaksa harus mengamputasi kedua kakinya karena kecelakaan parah yang dialaminya pda tahun 2004. Tak ingin larut dalam kesedihan, ia pun akhirnya bangkit dan berhasil mengharumkian nama bangsa.

Ami akan mewakili Indonesia di ajang Asian Para Games 2018 pada 6-18 Oktober 2018 nanti. Ia bahkan tercatat sebagai salah satu atlet balap kursi roda yang menjadi andalan Indonesia.

Ia mulai serius menjalani profesi sebagai atlet ketika berkenalan dengan National Paralympic Committee (NPC) pada tahun 2013 lalu. Sebelum fokus di cabang olahraga balap kursi roda, Ami sempat berada di cabang olahraga tenis kursi roda dan bulu tangkis.

"Awalnya, saya diajak teman saya. 'Kamu ini punya kekurangan, tapi badan kamu masih sehat. Lebih baik kamu ikut olahraga saja', katanya begitu," kata Ami.

Ami yang sudah menyukai olahraga seat masih sekolah ini rupanya memiliki segudang prestasi yang membanggakan. Selama empat tahun menjadi atlet, Ami berhasil merebut tiga medali emas di debutnya pada Kejuaraan Nasional Para Atletik 2015.

Kemudian pada 2017, Ami meraih satu emas dan dua perunggu di Pekan Paralimpik Nasional 2017. Sementara tahun untuk ini, Ami akan mengikuti Grand Prix Beijing 2018.

Ami juga berpesan kepada para penyandang difabel agar lebih semangat dan tak mudah menyerah walaupun memiliki keterbatasan fisik.

"Jangan minder dan jangan takut karena pemerintah sudah menyiapkan wadah untuk kita, yaitu NPC di setiap daerah. Kalau teman-teman suka berolahraga, datang saja ke NPC biar bisa diarahkan ke olahraga apa," ujar Ami.

 

Menandai: asean games,

Tinggal Di Indonesia

Reinkarnasi dari Megalodon, Love Beach, Like Adventure, Tujuan Keliling Indonesia, I love BasketBall, Musik Everywhere